Menyerah

Mungkin kata menyerah bukanlah hal yang diinginkan bagi setiap orang, cenderung menjadi momok yang menakutkan ketika kegagalan datang lagi dan lagi. Namun, kapan kah waktu yang ideal untuk menyerah? Mungkin banyak berpikir bahwa menyerah bukanlah suatu solusi, menyerah bukanlah jawaban dari segala keresahan jiwa dan menyerah bukanlah jawaban yang pantas ketika dalam berproses diri. Banyak mungkin yang tanpa sadar, termasuk saya, mengalami momen dimana menyerah. Namun setelah itu apa? Akan berdamai bahkan bershabatkah dengan menyerah itu atau mencoba bangkit dan melawan rasa ketakutan diri yang sebenarnya dapat kita lawan, singkirkan dan mungkin saja rasa ketakutan itu akan pergi. Mungkin. Entahlah.

Saya tertegun, di sudut kacamata saya sebagai pihak yang mengamati dan bukan terlibat secara aktif didalam kondisi tersebut, Saya melihat bagaimana seseorang yang telah menyerah, apaka Dia sudah berdamai dengan kondisi yang menyulitkan dilihat berbagai aspek, atau Dia sudah lelah dan dia pun menyerah. Sedih rasanya, mencoba untuk menyemangati dan memotivasi agar dia tidak menyerah, namun rupanya rasa ketakutan, kecemasan, dan keraguan yang menghinggapi sudah terlalu besar sehingga semua dianggap semu walaupun kesempatan untuk merubah itu nyata di depan mata.

Semoga semua ini jadi pelajaran untuk kita semua, bahwa semua perasaan negatif itu hanya akan mengkerdilkan diri kita sendiri. Bukan saya merasa sok suci, namun ini menjadi reminder bahkan tamparan untuk saya sendiri. Bahwa jangan pernah menyerah akan keadaan, manusia hanya bisa berusaha namun sisanya Allah yang menentukan. Dan yakinlah seluruh proses yang terjal dan berliku bahkan badai menerjang tidak akan pernah membohongi hasilnya. Mungkin hasilnya tidak seperti apa yang diinginkan, namun apakah kita siap ketika semua yang apa kita inginkan terkabul. Maka, apapun yang terjadi percayalah semua itu yang terbaik.

dibalikkesulitan

Advertisements

7 thoughts on “Menyerah

  1. Setujuuuh!

    Ehtapi quote-nya kurang tepat deh kayaknya. Setauku bersama kesulitan ada kemudahan. Jadi Allah ciptakan kesulitan sudah sepaket sama kemudahannya πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s