Komitmen?

Hmm.. Sejujurnya, saya lagi bertanya-tanya tentang apa itu komitmen sesungguhnya. Karena sampai saat ini saya tidak memiliki dasar tentang apa itu komitmen dan harus bagaimana komitmen itu berjalan. Semua terlihat bias dimata saya. Hingga akhirnya, saya ditempatkan pada posisi yang membingungkan, apakah ini komitmen atau hanya keinginan belaka untuk memiliki?

Selama ini saya selalu berpikir bahwa komitmen itu harus fokus pada suatu hal secara konsisten. Namun, hal ini tergelitik karena novel Supernova, karangan Dee. Novel yang membuat saya mikir ulang tentang apa itu komitmen. Apakah komitmen itu memang harus konsisten selama proses mencapai akhir? Tapi, manusia kan tempat khilaf segala-galanya, kadang bener kadang gak, kadang inget kadang gak. Pokoknya manusia itu makhluk paling tidak bisa terprediksi atas segala complicatednya pikiran mereka. Jadi, kok ya banyak sih pasangan hidup yang berpuluh-puluh tahun hidup bersama, mereka emang ga bosen atau jengah dengan komitmen yg selama ini dijalani?

According to the novel supernova yang baru saya baca minggu lalu, itu semua gara-gara gagal nonton filmnya dan orang-orang bilang bagus, jadi penasaran. Novelnya menceritakan tentang perempuan bernama Rana, she’s married dan dia terjebak cinta terlarang dengan pria sukses dan single, Re. Rana pun merasa keputusannya menikahi Arwin terlalu terburu-buru karena dia baru menemui sosok yang selama ini dicarinya, yaitu Re. Hingga singkat cerita Arwin, Suami Rana, mengetahui kelakuan minus istrinya. Bayangkan wahai kalian para suami/istri kalian ngeliat dengan mata kepala sendiri istri/suami kalian selingkuh! BAH!

Dan gak nyangkanya, di cerita ini, Arwin memeluk Rana dan bilang, “Aku merasakan sakit ternyata selama ini aku tidak bisa membuatmu bahagia selama kau menikah denganku. Dan aku bahagia melihatmu bisa tertawa lepas bersama lelaki itu. Kau bebas Rana!”. And what do you think about what Rana does after her husband tell that statement? Running away to Re? Dan jawabannya adalah BIG no! Justru Rana langsung memeluk Arwin dan kembali. That’s it!

Arwin bisa sebegitu gampangnya ngomong kalo dia merelakan Rana untuk bersama Re. Apakah itu tahapan cinta dimana melihat orang yang dicintai bahagia walaupun bersama orang lain? Padahal Arwin dan Rana telah berkomitmen, apakah dengan sebegitu mudahnya melepaskan begitu saja Rana untuk bersama Re? Dan itu yang selama ini bikin pertanyaan besar dalam diri gue, Apakah sudah siap dengan Komitmen?

ini ada quotes tentang komitmen. what do you think?

27 thoughts on “Komitmen?

  1. alhamdulillah akhirnya kamu update lagi, bo. aku tungguin lo.
    komitmen itu pegang pekerjaan sampai akhir. misalnya, aku gak bakalan mau ngerjain hal lain sebelum kerjaan yang ini selesai. gitu juga pokoknya kerjain sampe selesai. makanya baca buku sama nonton film harus sampe tamat. makanya itu juga aku gak suka liat sinetron, film seri atau komik yang gak tamat2. gak bisa komitmen waktunya. kalo nanti ada apa-apa gimana? kan jadi gak selesai?
    komtimen lebih gampang pa sesuatu yang pendek daripada yang panjang.

  2. hmm komitmen yah, menurut aku itu tanggung jawab kali yah Bo.
    Keberanian seseorang untuk mengambil sesuatu yang mungkin penuh resiko, ujian, hambatan dan bonusnya kebahagiaan 🙂

  3. komitmen itu sepengetahuan saya kerjasama oleh dua (atau banyak) belah pihak yang dilandasi kesabaran dan semangat pantang menyerah. Udah kayak berjuang aja, hahahaha 😀

    Tapi emang gitu sih, klo satu pihak semangat, tapi pihak yg lain loyo, ya susah untuk komitmen. Harus saling sinergi, dukung-mendukung, prakteknya repot, tapi jadi manusia sendiri kan sudah merepotkan :D.

Leave a Reply

