Graduate Trainee Recruitment di PT. HM Sampoerna

Hallo blog!

Berjumpa lagi dengan kebomandi masih di blog yang sama dan gak akan pindah kemana-mana ini. Hehe. Kali ini saya akan menceritakan tentang salah satu pengalaman saya mengikuti rekrutmen di PT.HM Sampoerna untuk program Graduate Trainee (GT), yah walaupun belum rejeki kali yaa masuk  situ. Huhu. Sebenernya sudah banyak sih yang menge-share tentang tahap rekrutmen salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, namun waktu saya mengikuti rekrutmen ini ada perbedaan di tahap FGD dan Panel Interview. Kalau sebelumnya, peserta melakukan tahap FGD baru setelah itu ditentukan siapa saja yang bisa lanjut ke panel  interview, tapi sistem tersebut diubah, panel iinterview diganti dengan istilah speed date interview dan ini diikuti juga oleh seluruh peserta yang mengikuti FGD, sehingga tidakada proses eleminasi pada FGD. Well, Let’s find out.

  1. Jobfair di Smesco

Yup, awalnya saya mengikuti jobfair ini dengan nothing to lose deh karena menurut info dari beberapa teman saya, Jobfair or something kind of that, it’s just branding company, hanya untuk memperkenalkan perusahaan-perusahaan nya saja. Yaa, kita gak tau lah ya kalau gak dicoba. Waktu jobfair itu, kalau gak salah saya meng-apply hanya tiga perusahaan yang menurut saya cocok, salah satunya HM Sampoerna. Dan setelah dua minggu saya mengikuti jobfair tersebut, ternyata ada panggilan untuk mengikuti tahap writing test di One Pacific Place Building, kawasan SCBD.

  1. Writing test

Writing test ini bisa dikategorikan dengan Psikotes gitu kali ya, namun menurut saya berbeda dengan tes psikotes yang pernah saya ikuti sebelumnya. Seinget saya, Tes terdiri menjadi tiga bagian, yaitu analytic thinking verbal, anylitic thinking numeric dan kepribadian. Untuk anlytic thinking verbal dan numeric formatnya sama yaitu menentukan pernyataan yang sesuai dengan informasi yang telah diberikan. Untuk verbal sendiri, diberikan satu paragraf untuk sekitar 3 soal pernyataan dan di tiap pernyataan terdapat pilihan : benar, salah atau tidak dapat ditentukan. Paragraf yang disajikan dari beragam bidang ilmu, dan bagi yang tidak terbiasa dengan istilah ekonomi seperti saya, maklum anak teknik, akan menjadi sebuah tantangan ketika membicarakan saham, inflasi, dsb. Untuk numeric, sama seperti soal matematika, namun kesulitan yang saya hadapi mengenai peerhitungan dividen, karena memang saya gak tau ini istilah apa. Hehe. Dan kalau untuk kepribadian lebih mengisi kecendrungan sifat kita. Pokoknya, dari tahap awal ini saya sudah pasrah Huhu..

Saran dari saya, untuk mengikuti tahap ini, Fokus yang paling penting. Selain itu, perhatikan perintah writing test untuk verbal, yaitu pilih “benar, salah atau tidak dapat ditentunkan” hanya berdasarkan paragraf yang telah disediakan, bukan berdasarkan informasi yang telah anda ketahui sebelumnya. Kalau untuk numeric sendiri, saya lebih memilih mengerjakan yang saya bisa, setelah itu, saya mengerjakan sebisa saya, dan waktu itu saya lebih memilih untuk tidak mengisi soal-soal numeric yang tidak bisa saya kerjakan, jadi banyak kosong nya Hihi.

  1. Interview HR

Dan sekitar 2-3 minggu saya mendapat telpon dan email dari Sampoerna kalau saya lolos ke tahap interview HR. Well, persiapan saya buat interview HR yaa saya banyakin baca tentang Sampoerna dan beberapa artikel terkait perusahaan yanng telah berafiliasi dengan Philip Moris International ini, dan saya sudah prediksikan kalau ini pasti bahasa Inggris.

Waktu interview saya bertemu dengan pak Luki, orangnya hangat dan enak diliat lah yaa. Hehe *centil* Pada sesi ini, pak Luki juga cerita kalo doi ternyata dari program GT selama dua tahun. Berdasarkan informasi dari pak Luki, doi ternyata dari program GT operational, namun setelah dilakukan penempatan, doi memiliki minat di bidang HR. So, tips and trik dari pak Luki, kalau mau masuk GT Sampoerna ini sesuaikan dengan latarbelakang pendidikan kamu, misal kamu anak Teknik yaa berarti bidang yang kamu pilih adalah operational, kenapa? Karena misal nya, kamu anak teknik, tapi kamu pilih bidang Company Affair atau Finance, maka untuk masuk program GT ini kamu akan bersaing dengan anak hukum yang mengerti tentang seluk beluk hukum bla bla atau anak akuntansi yang ngerti tentang istilah profit bla bla bla. Jadi, walaupun program GT ini diperuntukkan untuk seluruh jurusan, namun pada tahap pemilihan divisi disarankan untuk tetap disesuaikan dengan background pendidikan kamu.

  1. FGD dan Speed Date Interview

Sebenernya gak sampe sebulan saya, mendapat telpon dari Sampoerna untuk mengikuti Forum Group Discussion (FGD). Namun, saya bingung liat tanggal nya, karena bertepatan dengan saya wisuda. Waduh, terpaksa saya konfirm kalau saya minta di re-scheduled, namun pas tahap ini asli pasrah banget, karena saya gak terlalu berharap banyak bisa atau gaknya jadwal FGD saya di-rescheduled, dan ternyata bisa. Yeay! Walaupun emang harus menunggu satu bulan lagi setelah itu. Hiks.

Sebelum  dilakukan tes FGD, recruitment team meberitahukan mekanisme baru tentang FGD dan Speed Date Interview (SDI), nama sebelumnya Panel Interview. Jadi, waktu itu dibagi menjadi beberapa kelompok, sekitar 6-7 orang per kelompok.  Dan beberapa kelompok melakukan FGD atau SDI terlebih dulu. Untuk kelompok saya, kami mendapat jadwal untuk SDI terlebih dulu.

Mekanisme SDI ini menurut saya sih unik yaa, belum pernah nemun model interview macem gini di perusahaan manapun. Hehe. Jadi, terdapat meja panjang, disitu terdapat 3 pasang bangku berhadapan, dan sebelumnya telah diisi oleh 3 user yang telah duduk manis disitu. Tiap peserta mendapat kartu berisikan jadwal interview dan mendapatkan jatah 2  kali interview. Sehingga, kita harus mengganti posisi kami tiap kali mendengar suara pluit. Berasa main bola deh ya. Haha. Pertanyaan interview seputar tentang kuliah, projek dan bla bla bla. Jujur, saya sih grogi ya karena pertama kali saya interview user dengan bule pulak yang ngomongnya cepet juga, asli bahasa inggris saya yang terbatas sehingga menurut saya, saya kurang menunjukkan siapa saya hehe.

Dan setelah SDI, kami sekelompok diminta untuk masuk ruangan dimana ternyata sudah ada tiga user yang telah duduk manis di sudut ruangan, nah proses FGD ini diminta untuk menyelesaiakan suatu permasalahan. Nah, rules nya, tiap 10 menit, kami diminta untuk menentukan 3 amplop yang ingin dipilih untuk data pendukung pemilihan nya. Dan ada dua kali kesempatan, sehingga ada 6 amplop yang digunakan untuk memutuskan permasalahan. Well, permasalahannya seputar menetukan 3  produk apa yang terbaik untuk dijual ke pasaran.

Begini, saya gambarkan yaa kondisi waktu FGD, yang saya lihat semua orang di kelompok saya ingin menunjukkan kelebihan pada diri mereka sehingga menurut saya bisa dikategorikan ini diskusi yang panas karena ada beberapa orang yang ngotot ingin pendapatnya diterima. Hal ini dimulai dari pemilihan 3 amplop awal yang sudah jadi pembicaraan alot. Waktu itu, saya lebih mencari kesempatan untuk berbicara. Dan saya mengakui porsi bicara saya kurang sekali dibandingkan lainnya, karena gimana mau ngomong, toh semua nya pengennya pendapatnya didengar dan saya akui bahasa inggris saya lagi dan lagi terbatas hiks, jadi saya berbicara seperlunya aja deh, karena saya gak terbiasa dengan diskusi yang ngotot. Santaaaaaiii bro and sist. Hehe. And in the end of discussion, sebenernya kami diminta menentukan 3 produk, tapi hal itu gak tercapai karena diskusi kami mentok di 4 produk yang ingin dijual.

Saran dari saya, kalo kamu sudah sampai tahap ini, sebaiknya perbanyaklah pengetahuan kamu tentang ekonomi, market trends, psikolog, chemical, dan masih banyak lagi. Berusaha tenang dalam FGD, karena sejujurnya saya panik, karena kaget saat meilhat didalam amplop ternyata banyak hal baru, sehingga saya kurang menguasai untuk dari segi pengetahuan nya.

Well, gak nyampe seminggu saya mendapatkan pemberitahuan bahwa saya tidak lolos untuh tahap berikutnya. Sedih sih ya, tapi semua ini saya anggap pengalaman berharga bagi saya. Berdasarkan, info yang saya terima dari recuitment team nya, tahap berikutnya adalah presentation. Dan Selamat bagi yang lolos rekrutmen GT ini dan Goodluck juga bagi kamu yang seleksi GT Sampoerna. Sukses 😀

43 thoughts on “Graduate Trainee Recruitment di PT. HM Sampoerna

  1. Makjang, kalo bule yg nanya2-in aku udh gemeteran lututku. Tapi kamu kuat Ayu, ya paling nggak dapat-lah pengalamannya. Satu pintu tertutup, akan lebih banyak pintu yg terbuka, tawakkal yaaa 😀

  2. Saya hari kamis besok tanggal 10 September akan ikut assesment day di HM Sampoerna rungkut, tulisannya sangat membantu, terima kasih banyak :’)

Leave a Reply

