Desa Binaan IT Telkom

(21/06) Kementrian Pengembangan Masyarakat mengadakan sebuah kegiatan Desa Binaan IT Telkom yang didukung sepenuhnya oleh FAST (Forum Alumni Institut Teknologi Telkom) dan CSR (Corporate Social Responsibility) Telkom. Kegiatan Desa Binaan IT Telkom ini berlokasi di Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung.

Desa Binaan IT Telkom memiliki tiga bidang fokus utama, yaitu ekonomi, lingkungan dan pendidikan. Alasan ketiga bidang ini yang dipilih karena Desa Citeureup ini memiliki masalah yang cukup krusial, seperti masih banyak ibu-ibu yang tidak dapat memanfaatkan waktu luang mereka a.k.a pengangguran, banjir yang menjadi langganan desa ini, kawasan desa yang gersang dan minim akan penghijauan, kurangnya pengetahuan dan wawasan tambahan untuk murid tingkat sekolah menengah di wilayah desa Cituereup, serta masih banyak lagi masalah yang ada desa ini sehingga Desa Binaan IT Telkom hadir dengan harapan dapat bisa menjadi salah satu solusi untuk warga Desa Citeureup.

Kegiatan pertama Desa Binaan IT Telkom, yaitu pemberdayaan ibu-ibu Desa Citeureup bekerjasama dengan Dreamdelion yang merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial bisnis di Jakarta. Pemberdayaan ibu-ibu ini diharapkan dapat mengembangkan sektor ekonomi kreatif sehingga menjadi salah satu daya angkat kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah IT Telkom.  Kegiatan pertama (21/06) berisi dengan pelatihan pembuatan boneka owl (burung hantu) kepada ibu-ibu warga Desa Citeureup. Hari pertama berisi kegiatan pemberian materi mengenai pola jahit dan warna kepada ibu-ibu peserta pelatihan. Serangkaian pelatihan ini berlangsung selama tiga hari dan berlokasi di masjid An-Nur lantai 2. Semoga kegiatan Desa Binaan 2013 IT Telkom ini dapat memberikan energi positif serta sinergi untuk mahasiswa dan warga Desa Citeureup.

“Sangat mendukung kegiatan Desa Binaan 2013 ini, karena berprospek cerah dan memiliki dampak yang sangat positif, khususnya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitar kawasan kampus. Saya bangga dengan kepedulian yang seperti ini” – Pak Asep (Ketua RW 13)

Tunggu kejutan kegiatan Desa Binaan lainnya!

Berikut ini dokumentasi kegiatan pelatihan hari pertama ibu-ibu warga Desa Citeureup.

Image

suasana pelatihan ibu-ibu warga Desa Citeureup

Image

Ibu-ibu dilatih untuk membuat pola jahit untuk membuat boneka owl(burung hantu)

Image

Semangat ibu-ibu peserta pelatihan, membawa bayi nya dalam pelatihan ini

Image

Ini Ibu eneng, yang membawa turut serta bayi nya, didaulat sebagai “Mom of the Day” pada pelatihan ini.

Image

Ini salah satu karya ibu Desa Citeureup tapi masih berbentuk pola yang akan dilanjutkan dengan proses menjahit.

Image

Bapak Asep, Ketua RW 13, sangat mendukung kegiatan Desa Binaan IT Telkom ini

Advertisements

2 thoughts on “Desa Binaan IT Telkom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s